Latest Entries »

CARA MERAWAT BURUNG TLEDEKAN

Salam damai teman-teman pembaca ,untuk kali ini perawatan burung tledekan ,

tledekan

bukan tledek yang itu lo ya (penari tayup maksud nya ) emang nama nya sama tapi rupanya tak sama .Yang ini burung yang itu manusia he…he .Dah…ah , burung tledekan adalah burung yang kecil tapi bila sedang berkicau suara nya indah bak penyanyi di tepi kali .
Ada 2 jenis burung tledekan , antara lain :
-Tledekantledekan

-Tledekan laut (selendang biru)Tledekan_Laut

Cara memilih burung tledekan jantan atau betina .
Ciri-ciri tledekan jantan :
-Warna bulu pada punggung biru
Ciri-ciri tledekan betina :
-Warna bulu pada punggung coklat ke kuning-kuningan
he..he mudah bukan cuma ngelihat warna nya doangkan.

CARA MERAWAT TLEDEKAN
Untuk perwatannya ngak jauh beda sama burung-burung lainnya seperti cendet lah sama persis mulai dari extra foodingnya dan fungsinya sampai penjemuran .

Pembaca yang saya hormati mungkin dalam instalasi mikrotik sudah banyak yang tahu bagaimana cara install mikrotik atau mungkin juga banyak yang belum tahu apa itu mikrotik, mikrotik adalah salah satu distro linux yang di dalamnya ada tools sebagai router dimana memiliki fiture yang cukup lengkap dan mudah di konfigurasikan dan memberi kemudahan bagi pemula yang memperdalam ilmu network atau bagi orang yang ingin mepelajari router. Di dalam mikrotik terdapat fitur-fitur seperti untuk proxy,untuk hotspot,NAT,VPN, dan wuuu..banyak deh pokok nya .

Untuk spesifikasinya komputer atau hardware yang di butuhkan untuk OS mikrotik tidak terlalu besar ,tapi klo mau pakek yang besar juga ngak
papa kok ,untuk spesifikasinya antara lain:
1.Processor Pentium III lah 700MHz
2.Ram 128 Mb (masak Kb)
3.LAN Card terserah
Nah itu tadi spesifikasinya na sekarang cara instalasinya .
1.Nyalakan komputer
2.Silahkan Seting bios supaya booting PC pertama adalah CD room
3.Kemudian Masukan CD software Mikrotik nya
4.Setelah itu pasti akan booting sendirikan .Trus sampek keluar tampilan kayak gini
style1
Pilih semua paket yang tersedia menggunakan tombol panah dan tandai dengan menggunakan tombol SPASI ,untuk mulai menginstal tekan tombol “I“.
Setelah itu tekan “Y“jika ingin menggunakan konfigurasi lama , tekan “n” jika ingin melakukan fresh instal
style3
Tekan “Y” untuk format harddisk.Tunggu hingga proses selesai . Lumayan lama kok .
Setelah selesai proses instalasinya yang tadi trus tekan enter untuk reboot ,jangan lupa menggeluarkan CD mikrotiknya .
style4
Kemudian tekan “Y” untuk melakukan pengecekan hardisk.
style6
Pada jendela login , Isi login nya dengan nama admin ,untuk password kosongin aja.Jika berhasil maka akan mecugul (muncul) tapilan seperti ini
style7

PEMELIHARAN BURUNG KENARI

Yeah, kali ini saya akan memberi tips dan trik dalam memelihara burung kenari .kenari

Tapi sebelumnya bagi yang memang belum pernah memelihara burung kenari sama sekali saya akan memberitahukan caranya memilih.

CARA MEMILIH BURUNG KENARI

Disini saya menerangkan untuk memilih burung kenari yang sudah berumur atau tua .Ciri-cirinya :

1. Lihat kelamin burung yang tempatnya pada anus ,sebul (tiup) anusnya untuk membuka bulu yang menutupi kelaminnya bila terlihat pennya (agak menjorok keluar ) berarti kenari itu jantan .Sebaliknya bila tidak ada berarti betina.

2. Kebanyakan kenari betina hanya bisa ngeriwik ( bunyi lirih) ,tidak dapat bersuara keras .Hati-hati saya peringatkan kenari jantan tidak semuanya bunyi .Karena e karena biasa saja disebabkan macet ,tubuh kurang vit , habis ngurak ,dan sebagainaya , yang peting adalah ada pennya itu…lho

3. Pilih mata menonjol .

4. Struktur kepala agak terepes ,ngak tau trepes tu apa .? saya juga ngak tau b.indonesia nya apa .

5. Untuk pemilihan warna terserah menurut kesukaan anda , klo emang suka yang ngocehan pilih kenari yang berwarna ada hijaunya , kuning , starblue , kebanyakan gitu ,karena untuk warna orange , merah , sunkise volumenya kalah besar .Untuk warna panda dan putih kebanyakan hampir sama dalam volume maupun lagu bunyinya . MEMILIH BURUNG KENARI ANAKAN Dalam memilih anakan burung kenari disini saya hanya memberitahukan jantan dan betinanya , karena saat anakan burung kenari belum keluar pennya .Maka dari itu ciri-cirinya sebagai berikut: Dengarkan sudah ngeriwik(bunyi lirih) atau belum, jika masih anakan sudah sering ngeriwik kenari itu positif jantan .Jika kenari betina ngeriwik itu berati dia sudah berumur atau tua baru dia sering ngeriwik atau bunyi pelan .

Kenari jantan : male-canary

Kenari betina :

female-canary

CARA PERAWATAN BURUNG KENARI

Untuk perawatannya burung kenari termasuk burung yang sangat mudah perawatannya . Langsung saja cara perawatannya :

1. Untuk makanannya beri kenari zet atau milet , tapi milet jarang di sukai kenari karena atos (keras). Kalau bisa campur dengan niger zet dan biji sawi. Biasanya biji-bijian yang habis dimakan ketutupan kulitnya , kan kasiahan maka dari itu tlong di sebul ntar terbang sendiri kulitnya .

2. Untuk x-tra foodingnya

  • • Sawi putih : Untuk menggemukan ,maka dari itu jangan sering di beri .
  • • Slada : Ini untuk menyehatkan dan menyagarkan .
  • • Telur puyuh rebus: Menyehatkan tapi jangan terlalu sering .
  • • Apel merah : Menyagarkan .
  • • Kroto : Sebenarnya makanan ini jarang diberikan karena manfaatnya hanya menghagatkan .Tapi bila anda ingin memberi kroto , tlong bersihkan angkarangnya agar tidak membaut suara burung anda serak , jangan terlalu banyak dan sering cukup sejumput atau setenggah sendok teh… aja ya . Pemberian makanan seperti yang diatas tidak perlu sering di berikan . Dan saya hampir lupa cara menempatkannya ,gantungkan didalam sangkar .

3. Mandikan burung agar jauh dari kutu kupret .Kalau mau di kramba (bak mandi burung ) ya dikramba ,klo ndak ya di semprot aja .Waktunya pagi atau siang sebelum di jemur.Ngak sering dimandikan ngak pa…pa .

4. Rutin bersihkan sangkar dan pankringan .

5. Jemur burung kurang lebih 5 jam , jika blum kuat latih perlahan-lahan mulai dari 1 jam , 2 jam ,3 jam, dst. Gimana mudahkan perawatannya , lha skarang bila kenari anda menggalami ngurak nia atau brodol ( bulunya rontok ,alias ganti bulu baru ) ini yang agak susah ,tapi tenang ini jarang terjadi karena dalam setahun hanya 1 sampai 2 kali ngurak . Proses ngurak burung kenari berlangsung selama 2-3 bulan ya.. sampai bulunya tumbuh kembali .Maka dari itu di perlukan perawatan khusus .Dalam pengurakan ada beberapa tahap yang pertama bulu kecil brodol , kedua bulu sayap brodol , ketiga ekor drodol , keempat kepala .

PERAWATAN KENARI SAAT NGURAK

Seperti yang sudah diterangkan diatas langsung saja .Begini caranya : (mohon di simak dengan daya pikir yang tinggi dan alam bawah sadar yang dalam)

1. Berikan slada atau telur puyuh atau sawi putih 3 kali dalam satu minggu.

2. Saat ngurak burung jangan dijemur , apalagi klo sudah ngurak total sendirikan jangan diperlihatkan pada burung kenari lain apalagi did adu .

3. Krodong burung , belum tahu krodong burung tu apaan ni ku kasih tau . krodong burung seperti kain atau selimut yang di selubungkan pada sangkar , anda juga bisa beli di pasar burung terdekat .Tenang krodong burung tidak terjual terpisah , emang klo jual kepisah kayak gimana ya.. Nah burung harus dikrodong setiap siang dan malam .Klo bisa ya pagi juga .

4. Jangan mandikan burung waktu ngurak , bayak-banyak di krodong aja , seperti yang sudah di jelaskan diatas .

5. Jangan memberikan dooping atau sejenis nya bisa memebuat suhu tubuh burung tidak teratur . kecuali klo vitamin .

6. Waktu burung dikrodong burung bisa diisi suara atau di beri master ,seperti suara cemblek , burung gereja ,dan jangkrik. Caranya waktu burung di krodong gantangkan burung master seruangan dengan burung kenari , master burungnya cari yang sudah bunyi jangan yang belum ntar sama aja bo…ong dong . Proses pemasteran ini berlangsung hingga proses nggurak selesai . Selesai deh cara perawatan kenari saat ngurak . Slamat mencoba ya .Yah klo toh emang ada perkataan saya yang tidak enak di hati anda saya mohon maaf (emang anda punya hati ) he…he…

Untuk merawat burung cendet bukanlah hal yang sulit .Dalam hal yang satu ini saya akan memberi tahu cara untuk memilih burung cendet yang bagus dari bodynya ,bukan body cewek tentunya tapi body burung cendet .

CARA MEMBEDAKAN CENDET BETINA DAN JANTAN

Betina

ciri-ciri:

  1. Bunyi tidak keras alias volume tipis .
  2. Warna hitam diatsas kepala tidak banyak hanya sampai atas hidung

JANTAN

ciri-ciri:

  1. Struktur kepala lebih menonjol.
  2. Warna hitam diatas kepala lebih banyak .
  3. Seperti gambar di bawah ini.

CARA MEMILIH BURUNG CENDET

1. Badan burung tegak .

2. Mata burung melotot atau menonjol keluar (bukan copot low…).

3. Paruh tebal dan runcing.

4. Bila anda mencari cendet yang sudah berumur cari yang kakinya medang .Bila mencari yang masih muda ya cari aja yang belum medang . Tapi bila anda ingin mempunyai burung yang sudah siap untuk tarung

5. Kepala yang berstruktur kotak , bulu hitam pada kepala sampai pada

kepala belakang .

Itu tadi adalah cara memilih burung cendet yang bagus dengan meliahat

body burung .Karena memang bila burung cendet memilki bentuk body seperti yang ada diatas akan kelihatan gagah. Tetapi bila anda ingin memiliki burung yang bersuara bagus , keras suaranya , petarung dan menampilkan gaya yang bagus saat berbunyi tidak bisa hanya dengan menggandalkan memilih dody burung yang bagus .Semuanya itu adalah

kemampuan dari burung itu sendiri atau karena burung dilatih , namun kebanyakan pelatihan burung memerlukan waktu yang cukup lama dan jarang berhasil . Namun sekarang saya tidak menerangkan pelatihan burung tapi cara merawat dan mengoptimalkan kinerja burung yang sudah mempunyai kemapuan tapi kurang optimal kerjanya.

CARA MERAWAT DAN MENGOPTIMALKAN KINERJA BURUNG CENDET

Dadam hal ini langsung saja saya terangkan , untuk pemberian makan atau x-tra fooding .Dalam hal ini burung harus sudah bunyi :

1.Jangkrik :menambah birahi burung ,untuk komposisinya kebanyakan 5xsehari .

2.Kroto : untuk menghangatkan dan menambah kinerja burung ini harus diberikan .

3.Uler hongkong : fungsinya sama dengan kroto

4.Uler kandang :uler yang satu ini sangat menyehatkan

Makanan-makanan yang ada diatas kadang-kadang tidak disukai oleh cendet bisa dikarenakan dari kecil tidak pernah diberi hewan-hewanan .Nah untuk persiapan lomba atau perform yang sangat bagusd tidak bisa hanya dengan makanan itu saja ada perawatan khusus nya ,antara lain :

1. Penjemuran : jemur burung setiap jam 7 pagi sampai dengan 11 siang

kalau tidak kuat jangan di paksa , tapi harus dilatih secara bertahap.

2. Mandi : untuk mandi burung tidak perlu setiap hari .Pemandian burung

dilakukan saat pagi sebelum di jemur atau sore hari .

3. Serodong : serodong burung saat sore atau malam sampai pagi .Kalau

untuk lomba serodong burung sehari penuh ,dalam 5 hari seblum lomba tidak perlu dijemur.

MERAWAT CENDET  WAKTU MASA NGURAK

Ngurak atau mabung suatu proses dimana burung dalam proses pergantian bulu karena bulu sudah tua.Biasanya Ngurak inilah yang digunakan untuk patokan burung sudah siap dilombakan atau tidak , biasanya 3-4 kali ngurak . Cendet waktu ngurak atau mabung  dimana cendet dalam kondisi tidak stabil . Apalagi jika dalam pergantian cuaca  kondisi tubuh sedang tidak stabil bisa membuat burung sakit .Begini cara merawatnya :

  • Jangan pernah memberi makan atau xtra fooding sampai telat .
  • Beri makanan atau xtra fooding lebih banyak dari biasanya .Contoh : Biasanya diberi jangkrik 4 ekor , beri 7 ekor
  • Beri  jemuran , sekitar 30 menit , antara jam 07.30-08.00.
  • setelah itu angin2 kan dan serodong .
  • mandikan burung 2-3 hari sekali aja
  • Proses seperti itu akan terus berlangsung sampai dengan masa tumbuh bulu baru.

PEMELIHARAN BURUNG KENARI

Yeah, kali ini saya akan memberi tips dan trik dalam memelihara burung kenari .Tapi sebelumnya bagi yang memang belum pernah memelihara burung kenari sama sekali saya akan memberitahukan caranya memilih.

CARA MEMILIH BURUNG KENARI

Disini saya menerangkan untuk memilih burung kenari yang sudah berumur atau tua .Ciri-cirinya :

1. Lihat kelamin burung yang tempatnya pada anus ,sebul (tiup) anusnya untuk membuka bulu yang menutupi kelaminnya bila terlihat pennya (agak menjorok keluar ) berarti kenari itu jantan .Sebaliknya bila tidak ada berarti betina.
2. Kebanyakan kenari betina hanya bisa ngeriwik ( bunyi lirih) ,tidak dapat bersuara keras .Hati-hati saya peringatkan kenari jantan tidak semuanya bunyi .Karena e karena biasa saja disebabkan macet ,tubuh kurang vit , habis ngurak ,dan sebagainaya , yang peting adalah ada pennya itu…lho
3. Pilih mata menonjol .
4. Struktur kepala agak terepes ,ngak tau trepes tu apa .? saya juga ngak tau b.indonesia nya apa .
5. Untuk pemilihan warna terserah menurut kesukaan anda , klo emang suka yang ngocehan pilih kenari yang berwarna ada hijaunya , kuning , starblue , kebanyakan gitu ,karena untuk warna orange , merah , sunkise volumenya kalah besar .Untuk warna panda dan putih kebanyakan hampir sama dalam volume maupun lagu bunyinya .

MEMILIH BURUNG KENARI ANAKAN

Dalam memilih anakan burung kenari disini saya hanya memberitahukan jantan dan betinanya , karena saat anakan burung kenari belum keluar pennya .Maka dari itu ciri-cirinya sebagai berikut:

Dengarkan sudah ngeriwik(bunyi lirih) atau belum, jika masih anakan sudah sering ngeriwik kenari itu positif jantan .Jika kenari betina ngeriwik itu berati dia sudah berumur atau tua baru dia sering ngeriwik atau bunyi pelan .

CARA PERAWATAN BURUNG KENARI

Untuk perawatannya burung kenari termasuk burung yang sangat mudah perawatannya . Langsung saja cara perawatannya :
1. Untuk makanannya beri kenari zet atau milet , tapi milet jarang di sukai kenari karena atos (keras). Kalau bisa campur dengan niger zet dan biji sawi. Biasanya biji-bijian yang habis dimakan ketutupan kulitnya , kan kasiahan maka dari itu tlong di sebul ntar terbang sendiri kulitnya .
2. Untuk x-tra foodingnya
• Sawi putih : Untuk menggemukan ,maka dari itu jangan sering di beri .
• Slada : Ini untuk menyehatkan dan menyagarkan .
• Telur puyuh rebus: Menyehatkan tapi jangan terlalu sering .
• Apel merah : Menyagarkan .
• Kroto : Sebenarnya makanan ini jarang diberikan karena manfaatnya hanya menghagatkan .Tapi bila anda ingin memberi kroto , tlong bersihkan angkarangnya agar tidak membaut suara burung anda serak , jangan terlalu banyak dan sering cukup sejumput atau setenggah sendok teh… aja ya .

Pemberian makanan seperti yang diatas tidak perlu sering di berikan . Dan saya hampir lupa cara menempatkannya ,gantungkan didalam sangkar .

3. Mandikan burung agar jauh dari kutu kupret .Kalau mau di kramba (bak mandi burung ) ya dikramba ,klo ndak ya di semprot aja .Waktunya pagi atau siang sebelum di jemur.Ngak sering dimandikan ngak pa…pa .
4. Rutin bersihkan sangkar dan pankringan .
5. Jemur burung kurang lebih 5 jam , jika blum kuat latih perlahan-lahan mulai dari 1 jam , 2 jam ,3 jam, dst.

Gimana mudahkan perawatannya , lha skarang bila kenari anda menggalami ngurak nia atau brodol ( bulunya rontok ,alias ganti bulu baru ) ini yang agak susah ,tapi tenang ini jarang terjadi karena dalam setahun hanya 1 sampai 2 kali ngurak . Proses ngurak burung kenari berlangsung selama 2-3 bulan ya.. sampai bulunya tumbuh kembali .Maka dari itu di perlukan perawatan khusus .Dalam pengurakan ada beberapa tahap yang pertama bulu kecil brodol , kedua bulu sayap brodol , ketiga ekor drodol , keempat kepala

PERAWATAN KENARI SAAT NGURAK
Seperti yang sudah diterangkan diatas langsung saja .Begini caranya : (mohon di simak dengan daya pikir yang tinggi dan alam bawah sadar yang dalam)

1. Berikan slada atau telur puyuh atau sawi putih 3 kali dalam satu minggu.
2. Saat ngurak burung jangan dijemur , apalagi klo sudah ngurak total sendirikan jangan diperlihatkan pada burung kenari lain apalagi did adu .
3. Krodong burung , belum tahu krodong burung tu apaan ni ku kasih tau . krodong burung seperti kain atau selimut yang di selubungkan pada sangkar , anda juga bisa beli di pasar burung terdekat .Tenang krodong burung tidak terjual terpisah , emang klo jual kepisah kayak gimana ya..
Nah burung harus dikrodong setiap siang dan malam .Klo bisa ya pagi juga .
4. Jangan mandikan burung waktu ngurak , bayak-banyak di krodong aja , seperti yang sudah di jelaskan diatas .
5. Jangan memberikan dooping atau sejenis nya bisa memebuat suhu tubuh burung tidak teratur . kecuali klo vitamin .
6. Waktu burung dikrodong burung bisa diisi suara atau di beri master ,seperti suara cemblek , burung gereja ,dan jangkrik. Caranya waktu burung di krodong gantangkan burung master seruangan dengan burung kenari , master burungnya cari yang sudah bunyi jangan yang belum ntar sama aja bo…ong dong . Proses pemasteran ini berlangsung hingga proses nggurak selesai .

Selesai deh cara perawatan kenari saat ngurak . Slamat mencoba ya .Yah klo toh emang ada perkataan saya yang tidak enak di hati anda saya mohon maaf (emang anda punya hati ) he…he…

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.