Yeah, kali ini saya akan memberi tips dan trik dalam memelihara burung kenari .Tapi sebelumnya bagi yang memang belum pernah memelihara burung kenari sama sekali saya akan memberitahukan caranya memilih.

CARA MEMILIH BURUNG KENARI

Disini saya menerangkan untuk memilih burung kenari yang sudah berumur atau tua .Ciri-cirinya :

1. Lihat kelamin burung yang tempatnya pada anus ,sebul (tiup) anusnya untuk membuka bulu yang menutupi kelaminnya bila terlihat pennya (agak menjorok keluar ) berarti kenari itu jantan .Sebaliknya bila tidak ada berarti betina.

2. Kebanyakan kenari betina hanya bisa ngeriwik ( bunyi lirih) ,tidak dapat bersuara keras .Hati-hati saya peringatkan kenari jantan tidak semuanya bunyi .Karena e karena biasa saja disebabkan macet ,tubuh kurang vit , habis ngurak ,dan sebagainaya , yang peting adalah ada pennya itu…lho

3. Pilih mata menonjol .

4. Struktur kepala agak terepes ,ngak tau trepes tu apa .? saya juga ngak tau b.indonesia nya apa .

5. Untuk pemilihan warna terserah menurut kesukaan anda , klo emang suka yang ngocehan pilih kenari yang berwarna ada hijaunya , kuning , starblue , kebanyakan gitu ,karena untuk warna orange , merah , sunkise volumenya kalah besar .Untuk warna panda dan putih kebanyakan hampir sama dalam volume maupun lagu bunyinya .

MEMILIH BURUNG KENARI ANAKAN

Dalam memilih anakan burung kenari disini saya hanya memberitahukan jantan dan betinanya , karena saat anakan burung kenari belum keluar pennya .Maka dari itu ciri-cirinya sebagai berikut: Dengarkan sudah ngeriwik(bunyi lirih) atau belum, jika masih anakan sudah sering ngeriwik kenari itu positif jantan .Jika kenari betina ngeriwik itu berati dia sudah berumur atau tua baru dia sering ngeriwik atau bunyi pelan .

CARA PERAWATAN BURUNG KENARI

Untuk perawatannya burung kenari termasuk burung yang sangat mudah perawatannya . Langsung saja cara perawatannya :

1. Untuk makanannya beri kenari zet atau milet , tapi milet jarang di sukai kenari karena atos (keras). Kalau bisa campur dengan niger zet dan biji sawi. Biasanya biji-bijian yang habis dimakan ketutupan kulitnya , kan kasiahan maka dari itu tolong di sebul( di tiup)  ntar terbang sendiri kulitnya .

2. Untuk x-tra foodingnya

  • • Sawi putih : Untuk menggemukan ,maka dari itu jangan sering di beri .
  • • Slada : Ini untuk menyehatkan dan menyagarkan .
  • • Telur puyuh rebus: Menyehatkan tapi jangan terlalu sering .
  • • Apel merah : Menyagarkan .
  • • Kroto : Sebenarnya makanan ini jarang diberikan karena manfaatnya hanya menghagatkan .Tapi bila anda ingin memberi kroto , tlong bersihkan angkarangnya agar tidak membaut suara burung anda serak , jangan terlalu banyak dan sering cukup sejumput atau setenggah sendok teh… aja ya . Pemberian makanan seperti yang diatas tidak perlu sering di berikan . Dan saya hampir lupa cara menempatkannya ,gantungkan didalam sangkar .Catatan: kalau bisa tidak uash di beri kroto .

3. Mandikan burung agar jauh dari kutu kupret .Kalau mau di kramba (bak mandi burung ) ya dikramba ,klo ndak ya di semprot aja .Waktunya pagi atau siang sebelum di jemur.Ngak sering dimandikan ngak pa…pa .

4. Rutin bersihkan sangkar dan pankringan .

5. Jemur burung kurang lebih 5 jam , jika blum kuat latih perlahan-lahan mulai dari 1 jam , 2 jam ,3 jam, dst. Gimana mudahkan perawatannya , lha skarang bila kenari anda menggalami ngurak nia atau brodol ( bulunya rontok ,alias ganti bulu baru ) ini yang agak susah ,tapi tenang ini jarang terjadi karena dalam setahun hanya 1 sampai 2 kali ngurak . Proses ngurak burung kenari berlangsung selama 2-3 bulan ya.. sampai bulunya tumbuh kembali .Maka dari itu di perlukan perawatan khusus .Dalam pengurakan ada beberapa tahap yang pertama bulu kecil brodol , kedua bulu sayap brodol , ketiga ekor drodol , keempat kepala .

PERAWATAN KENARI SAAT NGURAK

Seperti yang sudah diterangkan diatas langsung saja .Begini caranya : (mohon di simak dengan daya pikir yang tinggi dan alam bawah sadar yang dalam)

1. Berikan slada atau telur puyuh atau sawi putih 3 kali dalam satu minggu.Untuk pemberian telur tlong dilihat jika burung terlihat gemuk lebih baik tidak usah beri saja buah yang segar.

2. Saat ngurak burung jangan dijemur , apalagi klo sudah ngurak total sendirikan jangan diperlihatkan pada burung kenari lain apalagi did adu .

3. Krodong burung , belum tahu krodong burung tu apaan ni ku kasih tau . krodong burung seperti kain atau selimut yang di selubungkan pada sangkar , anda juga bisa beli di pasar burung terdekat .Tenang krodong burung tidak terjual terpisah , emang klo jual kepisah kayak gimana ya.. Nah burung harus dikrodong setiap siang dan malam .Klo bisa ya pagi juga .

4. Jangan mandikan burung waktu ngurak , bayak-banyak di krodong aja , seperti yang sudah di jelaskan diatas .Seringlah membersihkan steak burung (pangkringan) dan sangkar agar terjauh dari kutu .

5. Jangan memberikan dooping atau sejenis nya bisa memebuat suhu tubuh burung tidak teratur . kecuali klo vitamin dan jangan sampai di beri kroto.

6. Waktu burung dikrodong burung bisa diisi suara atau di beri master ,seperti suara cemblek , burung gereja ,dan jangkrik atau suara burung kensri yang lebih bagus. Caranya waktu burung di krodong gantangkan burung master seruangan dengan burung kenari , master burungnya cari yang sudah bunyi jangan yang belum ntar sama aja bo…ong dong . Proses pemasteran ini berlangsung hingga proses nggurak selesai .

7.Sesudah itu masuk pada proses pertumbuhan atau pemuliahan bulu burung.Seringkan mandi waktu siang bisa pukul 13.00 itu kalau cuaca memang panas jika hujan mending tiadak usah . Dan tolong perhatikan jangan menjemur burung dahulu sampai proses penumbuhan bulu burung selesai.Bila anda ingin mengikuti jadwal perwatan saat ngurak samapi dengan penumbuhan bulu be gini:

  1. Pukul 07.00 bersihkan sangkar burung , kemudian berikan buah seperti apel merah atau selada atau seperti yg sudah saya jelas kan di atas .Jangan lupa memberi makan pokok nya ( kenari zet).
  2. Biarkan burung di suatu ruangan selama 30 menit yang tidak terdapat banyak burung dan jangan samapai ada keanari di situ . kemudian kreodong  burung
  3. Pada pukul 13.00 buka krodong dan bersihkan kulit kenari zet yg sudah terkelupas dengan cara meniupnya biarkan burung selam a60 menit kemudian serodong kembali .
  4. Mulai tempatkan burung di ruangan pemasteran yang sudah anda siapkan . ingat proses ini berjalan terus hingga proses ngurak selesai.
  5. Jika sudah masuk dalam masa penumbuahan bulu kira-kira 2-3 bulan setelahproses ngurak . pukul 07.00 bersihkan sangakar periksa makanan seperti biasa
  6. pukul 13.00 mandikan burung kalau memang cuaca cerah tetapi jika hujan lebih baik tidak usah.
  7. Jika sudah lengakap kombinasi bulu nya mualai dari ekor , sayap , dada, dan kepala lengkap mualilah perawatan maksimal, yaitu:
  8. Pukul 07.00 jemur kenari hingga pukul  11.00  , kemudian angin -anginkan selama 1 jam kemudian mandikan bisa di semprot atau di keramaba menurut kebiasaan burung sambil sangakar di bersihkan beri buah buahan tau sayur tetap .
  9. Aginkan burung selam  30menit kemudian krodong hingga bsok pagi dan jalankan sama seperti yang di atas .

Selesai deh cara perawatan kenari saat ngurak . Slamat mencoba ya .Yah klo toh emang ada perkataan saya yang tidak enak di hati anda saya mohon maaf (emang anda punya hati ) he…he…